Program adalah pernyataan yang disusun menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah yang disusun secara logis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah.
Menurut P. Insap Santosa, program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
Bahasa Pemrograman
• Adalah alat untuk membuat program
• Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.
• Perbedaan: cara memberikan instruksi
• Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama
• Adalah alat untuk membuat program
• Contoh: C, C++, C#, Pascal, Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.
• Perbedaan: cara memberikan instruksi
• Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama
Terdapat 3 faktor penting dalam bahasa pemrograman :
1. Sintaks adalah aturan penulisan bahasa tersebut (tata bahasanya).
2. Semantik adalah arti atau maksud yang terkandung didalam statement tersebut.
3. Kebenaran logika adalah berhubungan dengan benar tidaknya urutan statement.
Dalam membuat sebuah program, kita harus memakai teknik pemrograman, adapun teknik-
teknik pemrograman tersebut diantaranya :
• Pemrograman Prosedural
– Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
– Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan
– Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial
– Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan
kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan.
– Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.
– Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah.
• Pemrograman Fungsional
– Berdasarkan teori fungsi matematika
– Fungsi merupakan dasar utama program.
– Berdasarkan teori fungsi matematika
– Fungsi merupakan dasar utama program.
• Pemrograman Terstruktur
– Secara berurutan dan terstrukrtur.
– Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
– Contoh: PASCAL dan C
– Secara berurutan dan terstrukrtur.
– Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi.
– Contoh: PASCAL dan C
• Pemrograman Modular
– Pemrograman ini membentuk banyak modul.
– Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri
– Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
– Contoh: MODULA-2 atau ADA
– Pemrograman ini membentuk banyak modul.
– Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri
– Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul.
– Contoh: MODULA-2 atau ADA
• Pemrograman Berorientasi Obyek
– Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property
– Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property
dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi
– Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
– Contoh: C++, Object Pascal, dan Java.
• Pemrograman Berorientasi Fungsi
– Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.
– Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.
– Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini.
– Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain-lain.
• Pemrograman Deklaratif
– Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada
– Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada
memecahkan masalah dengan implementasi algoritma.
– Contoh: PROLOG
– Contoh: PROLOG
Kriteria Bahasa Pemrograman
Beberapa kriteria pemilihan sebuah bahasa pemrograman :
•Clarity, simplicity dan unity
Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu
programer mengembangkan suatu algoritma.
•Orthogonality
Merupakan suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa
pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.
•Kewajaran untuk aplikasi
Bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol dan
syntax yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.
•Mendukung abstraksi
Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programer untuk membuat suatu solusi
dari masalah yang dihadapi.
•Kemudahan untuk verifikasi program
Dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan
dikembangkan.
Lingkungan Pemrograman
Lingkungan pemrograman dapat berarti editor yang digunakan, dokumentasi yang baik,
fasilitas debugging, user interface yang baik ataupun tools lain yang dapat digunakan untuk
memudahkan pekerjaan progamer.
Portabilitas program
Kemudahan program untuk dipakai diberbagai jenis komputer.
Biaya Penggunaan
a. Biaya eksekusi program
b. Biaya kompilasi program
c. Biaya penciptaan, testing dan penggunaan program
d. Biaya pemeliharaan program
Aspek Pemrograman
Dalam pengolahan data dan pembuatan sebuah program diperlukan beberapa aspek-aspek dasar yaitu :
A. Brainware
Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat.
Contoh : Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support, dll.
B. Hardware
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh : CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive, dll.
C. Software
Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ).
Contoh : Sistem Software, Application Software, Package Software, dll
Bahasa Pemrograman Berdasarkan Perkembangan
Machine Language
bahasa Pemrograman yang hanya dapat dimengerti oleh mesin ( komputer ) yang didalamnya terdapat CPU yang hanya mengenal 2 (dua) keadaaan yang berlawanan, yaitu :
- Bila tejadi kontak (ada arus) bernilai 1
- Bila kontak terputus (tidak ada arus) bernilai 0
Low Level Language (Bahasa tingkat rendah)
Karena susahnya bahasa mesin, maka dibuatlah simbol yang mudah diingat yang disebut dengan “Mnemonics” ( Pembantu untuk mengingat ).
Bahasa Pemrograman yang menerjemahkan Mnemonics disebut Assembler.
Contoh:Add, Substract, Mov
Middle Level Language (Bahasa tingkat menengah)
Bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk dipahami dan memilik instruksi - instruksi tertentu yang dapat langsung diakses oleh komputer.
Contohnya adalah bahasa C.
High Level Language (Bahasa tingkat tinggi)
Bahasa Pemrograman yang dalam penulisan pernyataannya mudah dipahami secara langsung. Bahasa pemrograman ini terbagi menjadi 2 yaitu :
1. Procedure Oriented Language
a. Scientific
Digunakan untuk memecahkan persoalan Matematis/perhitungan
Misal : Algol, Fortran, Pascal, Basic
b. Bussines
Digunakan untuk memecahkan persoalan dalam bidang bisnis.
Misal : Cobol, PL/1.
2. Problem Oriented Language
Misal : RPG (Report Program Generator).
Object Oriented Language (Bahasa berorientasi obyek)
Bahasa pemrograman yang berorientasi pada obyek. Bahasa pemrograman ini mengandung
fungsi-fungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan program tidak harus menulis
secara detail semua pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteria-kriteria yang
dikehendaki saja
Contohnya : Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C , dll.
Kerangka Dasar Pemrograman
Origination
Tahap ini berhubungan dengan process pengumpulan data, yang biasanya merupakan proses pencatatan(recording) data ke dokumen dasar.
Input
Tahap ini merupakan proses pemasukkan data(entry data) kedala proses komputer melalui peralatan input(input device)
Process
Tahap ini merupkana proses pengolahan data dari data yang sudah dimasukkan yang berupa proses menghitung, membandingkan, menglasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan dan mencari di storage
Output
Tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output(output device) yang berupa informasi.
Distribution
Tahap ini merupakan proses penyebaran inromasi kepada pihak-pihak yang berhak dan membutuhkan informasi
Storage
Tahap ini merupakan perekaman hasil pengolahana data ke secondary storage, yang dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.
Oleh : Winarni
6 komentar:
mantap terimakasih...
Mantap ea mamank
It is really a very informative and Helpful article. I want to say more thankyou about this beautiful blog. It is the best time to apply for a Turkey visa online . All Museums, Attractions, Restaurants, Nightclubs, Bards are Open. And this time the condition of Turkey is also very favorable to visit.
MMORPG
İNSTAGRAM TAKİPÇİ SATİN AL
tiktok jeton hilesi
tiktok jeton hilesi
antalya saç ekimi
referans kimliği nedir
instagram takipçi satın al
metin2 pvp serverlar
TAKİPCİ SATİN AL
perde modelleri
sms onay
mobil ödeme bozdurma
HTTPS://NFTNASİLALİNİR.COM
Ankara evden eve nakliyat
trafik sigortasi
dedektör
web sitesi kurma
AŞK KİTAPLARI
SMM PANEL
SMM PANEL
Https://isilanlariblog.com
instagram takipçi satın al
Hırdavatçı burada
HTTPS://WWW.BEYAZESYATEKNİKSERVİSİ.COM.TR/
servis
tiktok jeton hilesi
Posting Komentar