Pages

Subscribe:

Sabtu, 24 September 2011

Elemen-Elemen Bahasa Pemrograman

Elemen Dasar dalam Pemrograman
Tipe data Majemuk
Tipe data Terstruktur
I. Elemen-elemen dalam Bahasa Pemrograman
Berikut merupakan elemen-elemen bahasa pemrograman :
1.Aturan Leksikal  
yaitu aturan yang digunakan dalam membentuk suatu deklarasi, definisi, maupun statement hingga menjadi satu program yang utuh.  
1. Token  
Yaitu element terkecil pada bahasa pemrograman yang memiliki arti penting bagi compiler. Yang termasuk token antara lain: identifier, keywords(reserved words), operator, dan sebagainya.
2. Komentar
yaitu teks (kumpulan karakter) yang diabaikan oleh Compiler. Komentar sangat berguna untuk memberi catatan mengenai bagian program tertentu sebagai referensi baik bagi programmer itu sendiri maupun orang lain
Contoh bahasa C :
/* Program mencetak hello world
Oleh: Saya */
void main() {
// Cetak hello World
// Oleh Saya
printf(“Hello World”);
}

3. Identifier
merupakan kumpulan karakter yang digunakan sebagai penanda untuk nama variable, nama tipe data, fungsi, prosedur, dan sebagainya.
4. Keywords (Reserved Words) 
atau Reserved words merupakan kata-kata yang telah ada/didefinisikan oleh bahasa pemrograman yang bersangkutan. Kata-kata tersebut telah memiliki definisi yang sudah tetap dan tidak dapat diubah

5. Operator  
Operator digunakan untuk menyatakan suatu perhitungan/ operasi

a. Arithmetic Operator 
b. Assignment Operator 
c. Bitwise dan Logical Operator
d. Relational Operator
e. Pointer Operator
Operator-operator pada bahasa C :
a.Arithmatic Operator, meliputi operator yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematis (pow, *, /, +, -, mod (%))
b.Assignment Operator, merupakan operator penugasan yang ditandai dengan ‘=‘, ‘+=‘, ‘-=‘. Contoh : C=4 dan C+=3
c.Bitwise dan Logical Operator, digunakan untuk operasi bit dan logika.
  – Negasi (NOT). Contoh : A=!B
  – AND (kedua kondisi bernilai benar). Ditandai dengan simbol ‘&&’
  – OR   (jika salah satu kondisi bernilai benar). Ditandai degan simbol ‘||’
d.Relational Operator (Perbandingan). Meliputi ‘==‘,’<=‘,’>=‘,’<>’
e.Pointer Operator (Penunjuk). Disimbolkan dengan ‘*’


2.Type Data
Pada suatu bahasa pemrograman umumnya telah menyediakan tipe-tipe data yang sederhana (simple) maupun yang Kompleks
I. Tipe Data Sederhana
a.Tipe integer : tipe data yang nilainya tidak memiliki titik desimal. 
b.Tipe Real/float : tipe data yang nilainya merupakan pecahan (memiliki titik desimal).
c.BOOLEAN ATAU LOGICAL 
Type data yang hanya mempunyai dua bentuk keluaran yaitu nilai True dan False (Benar 
dan Salah) yang dinyatakan dengan  1 dan 0, Sehingga satuan data yang terpakai cukup satu 
bit saja. Operator yang digunakan adalah : And, Or, Not, Xor
d.CHARACTER
Type data yang terdiri dari aksara (simbol) yang meliputi digit numerik, character 
alfabetik dan spesial character. Untuk menuliskan tipe char, karakter perlu ditulis di dalam 
tanda petik tunggal ( ‘ )
Contoh :
  ‘A’   à karakter berupa huruf A
  ‘1’   à karakter berupa angka 1
  ‘*’   à karakter simbol *
II.  Tipe data Majemuk
a. String
merupakan sekumpulan dari beberapa karakter, yang banyaknya  berubah-ubah sesuai 
kebutuhan,besarnya 1 s/d 255 karakter.
Pemberian nilai String diapit dengan tanda petik ganda (“)
Bentuk umum penulisan tipe data ini adalah :
tipe_data   pengenal [panjang] ;    
pengenal     = nama variabel
panjang      = bilangan bulat yg menunjukan       jumlah karakter
Contoh :   char nama[15] ;
III. Tipe Data Terstruktur
Yang dimaksud dengan tipe data terstruktur yaitu tipe data yang dapat menampung lebih dari satu nilai, sbb:
1. Array
Yang dimaksud array yaitu tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen yang memiliki tipe data yang sama.
2. Record (Pascal) atau struct (Bahasa C)
Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data. Tiap element disebut juga field atau property atau attribute.
3.Expression
Expression yang paling sederhana yaitu nama variable. Expression yang lebih kompleks akan melibatkan operator-operator, maupun pemanggilan function atau procedure.
4.Statement  
1. Simple Statement 
a. Assignment Statement
b. Statement untuk pemanggilan function atau     procedure
c. Jump Statement 
5.Function dan Procedure 
Procedure dan Function disebut juga subroutine, merupakan   blok statement yang dapat dipanggil dari lokasi yang berbeda   di dalam program. Yang membedakan antara function dan   procedure yaitu:
  suatu function jika dijalankan/dipanggil akan mengembalikan   suatu nilai. 

Ketika procedure atau function dipanggil, kita dapat melewatkan suatu nilai ke dalam function atau procedure tersebut. Nilai yang dilewatkan disebut juga argument atau parameter. Ada dua cara melewatkan nilai, yaitu:
1. Passing by Value (Dilewatkan secara nilai)
Melewatkan Parameter Berdasarkan Nilai (pass by value)
#include <iostream>
using namespace std;
// membuat fungsi dengan melewatkan nilai X didalamnya
void Kali2 (int X) {
  X=X*2;
  cout<<“ Nilai didalam fungsi : “<<X<<endl;
}
// Fungsi utama
int main ( ) {
  int Bilangan;
  cout<<“ Masukkan sebuah bilangan bulat : “;
  cin>>Bilangan;
  cout<<“ Nilai awal : “<<Bilangan<<endl;
// memanggil fungsi Kali2
Kali2(Bilangan);
cout<<“ Nilai Akhir : “<<Bilangan<<endl;
return 0;
}
Hasil dari program tersebut:
Memasukkan bilangan bulat : 10
Nilai awal  : 10
Nilai didalam fungsi  : 20
Nilai akhir               : 10

2. Passing by Reference 
Contoh Program pelewatan parameter berdasarkan alamat (pass by reference)
#include <iostream>
use namespace std;
// mendefinisikan fungsi yang melewatkan parameternya berdasarkan alamat
void Kali2(int&  X){
X=X*2;
cout<<“ Nilai di dlm fungsi : “<<X<<endl;
}
int main( ) {
   int  Bilangan;
   cout<<” Masukkan sebuah bilangan bulat : “; cin>>Bilangan;
   cout<<endl;
// Menampilkan nilai awal
   cout<<“Nilai awal : “<<Bilangan<<endl;
Kali2  (Bilangan);
// Menampilkan nilai akhir
  cout<< “Nilai akhir : “<<Bilangan <<endl;
return 0;
}
Masukkan sebuah bilangan bulat : 10
Nilai awal : 10
Nilai di dalam fungsi : 20
Nilai akhir : 20

Oleh : Indra Kurniawan  

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Samlekom

ana isti mengatakan...

ijin buat referensi

Posting Komentar